Dipublish: 22 Februari 2013, 01:53

Bangkitkan Kesenian Kutai Melalui Pentas Seni dan Budaya

TENGGARONG-Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar berupaya mendorong masyarakat untuk kembali menghidupkan dan memberi kesempatan bagi seni dan budaya di daerah masing-masing dalam berbagai kegiatan.
Pelestarian tersebut mengacu pada Permendikbud No.1/2012 Tentang Organisasi dan tata kerja Kementerian pendidikan dan Kebudayaan serta Perbub Kukar utai tentang  pelestarian budaya daerah  dalam menggalakkan program pengelolaan kekayaan dan keragaman budaya.
Kadisdik Hermawan melalui Kasubag Pengembangan Program, Haspian Noor Nafsi menuturkan pada 2013 ini pihaknya mengagendakan sejumlah kegiatan. Salah satunya pementasan gelar seni daerah seperti Tingkilan, Jepen dan lainnya. “Tahun ini kita sudah mengagendakan kegiatan pementasan gelar seni daerah, setiap Kamis di Minggu keempat ditampilkan kesenian di Kantor Disdik. Hal itu sebagai upaya untuk tetap melestarikan seni budaya Kutai,” ujar Haspian saat ditemui di sela-sela penampilan perdana kesenian Tingkilan Guru SDN 005 Muara Kaman, Kamis (14/2).
Haspian mengakui kesenian dan budaya di daerah tidak memiliki kesempatan manggung yang cukup, peran serta masyarakat untuk memanfaatkan kesenian di daerah masing-masing sangat diperlukan dan kami mendorong agar kesempatan manggung mereka kembali didapatkan, kami akan menjalin kerja sama dengan Dinas terkait terutama Dinas Pariwisata “Kami akan melakukan pembinaan masalah seni dan budaya daerah dan diharapkan kedepannya Dinas Pariwisata yang menjualnya,” tegasnya.
Menurut dia, akibat sepi kesempatan naik pentas, grup-grup kesenian tradisional di daerah mati suri, bahkan punah akibat tidak ada regenerasi. Namun dengan semangat kembali membangkitkan kesenian dan budaya lokal, diharapkan kesempatan manggung kesenian daerah bisa kembali meningkat.”Kesempatan pentas grup kesenian tradisional itu memang sangat terbatas. Sedangkan grup dan jenis kesenian yang ada di Kutai sangat beragam” ungkap Haspian. (hmp4)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger