Demokrat, PKS, PDS Usung Awang

Koalisi Demokrat, PPP, PDIP, Hanura dan PKB Buyar, Dua Parpol Final Pilih Farid-Sofyan

SAMARINDA - Pasangan Cagub-Cawagub Kaltim Awang Faroek-Mukmin Faisyal yang semula didukung oleh lima partai (Golkar, Patriot, PBB, PAN dan PDK), saat ini dipastikan mendapat dukungan tambahan dari tiga parpol parlemen, yakni Demokrat, PKS dan PDS. Pasangan ini kembali akan melakukan deklarasi ketiga di Tenggarong pada Senin 27 Mei depan. Esok harinya pada Selasa 28 Mei, Awang-Mukmin akan mendaftar ke KPU Kaltim.
Dikatakan Ketua DPW PKS Kaltim Masykur Sarmian kemarin mengatakan, ia sedang berada di Jakarta untuk pertemuan dengan DPP PKS yang membahas soal dukungan parpol dakwah itu di Pilgub Kaltim 2013.
“Saya sedang berada di Jakarta untuk mengintensifkan pembicaraan soal rencana dukungan kepada salah satu pasangan calon. Karena urusan penetapan calon merupakan domain DPP, sehingga pengurus DPW diundang ke DPP untuk membicarakan sol dukungan. Itu artinya jika kader internal PKS tak ada yang dicalonkan, maka DPP yang akan memutuskan mendukung pasangan Awang-Mukmin. Rencana deklarasinya pada 27 Mei ini di Tenggarong,” jelas Masykur Sarmian.
Ditegaskan Masykur, keputusan ini sudah final dan hanya tinggal menunggu keluarnya SK dukungan dari DPP tersebut.
Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltim Nicolas Pangeran. Kemarin ia menyatakan bahwa DPP Demokrat sudah memutuskan mengusung pasangan Awang-Mukmin.
“Saya sudah bertemu dengan Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarif Hasan pada Kamis malam (23/5) di Jakarta. DPP menetapkan dukungannya untuk Awang dan bukan mendukung satu paket bersama pasangan calonnya,” jelas Nicolas.
Keputusan DPP ini, sambung Nicolas, akan dideklarasikan pada tanggal 27 Mei di Tenggarong.
“Yang pasti Demokrat hanya mendukung Awang. Nanti apakah saat deklarasi atau pendaftaran pasangan calon, Awang tetap maju bersama Mukmin atau calon lain, akan dilihat pada saat pendaftaran di KPU Kaltim,” tegasnya.
Dengan demikian, sambung Nicolas, koalisi parpol yang dibangun Demokrat bersama empat Parpol yakni PDIP, PPP, Hanura dan PKB buyar.
“Ya mau tak mau harus bubar, karena itu keputusan DPP,” tandasnya.
Sementara di posisi berseberangan, empat parpol koalisi yakni PPP, PDIP, Hanura dan PKB masih gagal menemui kesepakatan soal pasangan calon yang mereka usung. Namun PDIP dan PPP sudah hampir memutuskan untuk mengusung Farid Wadjdy-Sofyan Alex.
“Keputusan mengusung Farid-Alex hampir final, karena tinggal menunggu surat keputusan DPP masing-masing,” ujar Wakil Ketua DPW PPP Kaltim Syaparudin, kemarin.
Sementara Ketua DPW PKB Kaltim Syafruddin, menegaskan pertemuan lanjutan untuk memutuskan pasangan Farid-Makmur belum ada kabarnya.
“Pertemuan lanjutan semua dilakukan tanggal 22 atau 23 Mei, belum ada kabar kapan dilakukan. PKB hanya menunggu saja. Mungkin dalam waktu dekat ini, akan ada pertemuan, karena penutupan pendftaran pasangan Cagub dan Cawagub pada 28 Mei ini. Tapi ada kabar Demokrat dukung Pak Awang sehingga koalisi jadi buyar. Karena itu PKB dalam waktu dekat akan mengambil sikap, apakah akan tetap berkoalisi atau mendukung kandidat lain. Keputusannya akan dikonsultasikan ke DPP PKB,” katanya. (sua)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger
PT MEDIA BANGUN BERSAMA

View Desktop Version

Email
Print
WP Socializer Aakash Web