Dipublish: 1 April 2013, 21:40

Desa Kersik dan Desa Kedang Ipil Jadi Desa Wisata

TENGGARONG-Dinas Kebu-dayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukarmenggelar Sosialisasi Desa Wisata, di Desa Kersik Kecamatan Marang Kayu, Kamis (28/3).
Sosialisasi diikuti 50 peserta yang terdiri Kepala Desa beserta perangkatnya, anggota BPD, LPM, Ketua RT,  pelaku kerajinan kreatif dan kelompok seni, dengan nara-sumber Bakri Direktur Pember-dayaan Masyarakat, Destinasi Pariwisata Kementerian Pari-wisata dan Ekonomi Kreatif, Azhari Kepala Seksi Obyek Wisata Dis-budpar Kaltim, dan Kadisbudpar Sri Wahyuni
Sri Wahyuni mengatakan sosiali-sasi desa wisata ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kukar, hal tersebut sebagai tindak-lanjut keputusan Bupati tentang penetapan lokasi desa dalam program desa mandiri, dimana desa wisata  merupakan  program pariwi-sata daerah yang pengembangan-nya melalui percepatan.
Sri mengatakan18 kecamatan di Kukar hampir semuanya memiliki potensi pariwisata, baik wisata alam, budaya, maupun buatan. Dari 232 desa  ini,  hanya dua desa yang dipilih dan ditetapkan sebagai Desa Wisata, yakni Desa Kersik di Marang Kayu dengan potensi wisata pantai serta seni budaya, dan Desa Kedang Ipil di Kecamatan Kota Bangun dengan potensi wisata air terjun serta seni budaya.
Camat Marangkayu Rekson Simanjuntak mengatakan Desa Kersik merupakan desa tertua di Marangkayu, penetapan Desa Kersik sebagai Desa Wisata merupakan kesempatan yang baik demi kemajuan desa ini. (hmp 12)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger