Gubernur Tetapkan UMK Kukar 2013

Sebesar Rp1.908.146

TENGGARONG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2013 sebesar Rp1.908.146 sudah disetujui dan ditetapkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. SK Gubernur tentang besaran UMK ini sudah diterima Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kukar pada awal Maret lalu.
“UMK Kukar 2013 sudah ditetapkan, ini kita baru saja mendapatkan SK-nya pada tanggal 5 Maret lalu,” kata Kepala Disnakertrans Kukar Suriansyah melalui Kabid Hubungan Indusrial dan Syarat-syarat Kerja, Panut, kemarin.
Setelah SK Gubernur keluar, Disnakertrans menindaklanjutinya dengan membuat edaran ke perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kukar. Setidaknya, sudah ada 20 perusahaan di Kukar Tenggarong dan sekitarnya yang sudah menerima surat edaran Disnakertrans. Sementara, 19 perusahaan lain mengambil langsung ke kantor Disnakertrans.
Surat edaran tersebut menegaskan, UMK 2013 di Kukar berlaku sejak 1 Januari dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2013, perusahaan agar segera melaksanakan SK tersebut dengan berpedoman peraturan dan ketentuan yang berlaku, dan melarang perusahaan mengurangi atau menurunkan termasuk menggeser tunjangan tidak tetap menjadi tunjangan tetap dengan maksud untuk memenuhi nominal UMK bagi perusahaan yang telah memberikan upah yang lebih tinggi sebelumnya.
Disnakertrans juga berencana menggelar sosialisasi dengan mengundang sejumlah perusahaan di Tenggarong dan sekitarnya. “Pada tanggal 19 Maret kita akan menggelar sosialisasi dengan mengundang 35 perusahaan di Tenggarong dan sekitarnya. Kita akan menjelaskan bagaimana penerapan UMK ini benar-benar memenuhi hak pekerja, jangan sampai ada yang tidak jelas,” pungkas Panut. (ale)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger
PT MEDIA BANGUN BERSAMA

View Desktop Version

Email
Print
WP Socializer Aakash Web