Karya Ilmiah Remaja Paling Favorit

TENGGARONG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tengg-arong Kutai Kartanegara patut berbangga dengan apa prestasi siswanya di  bidang non aka-demik. “Soal prestasi non akademik  hampir semua kegiatan ekskul di Madrasah ini pernah meraih juara, baik tingkat kabupaten maupun provinsi,” Kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan  MAN Tenggarong, Ummi Puji, kemarin.
Dari beberapa ekskul yang sudah pernah berprestasi, menurut Ummi, ekskul yang paling menonjol adalah Karya Ilmiah Remaja (KIR). Seperti juara 2 pada lomba tingkat Kabupaten di Tenggarong tahun 2012. Pada bulan Januari 2013, karya ilmiah MAN Tengg-arong juga mendapatkan juara 1 pada perlombaan yang berlan-gsung di Universitas Mulawar-man (Unmul) Samarinda.
Berselang sebulan setelah mendapatkan juara tersebut, mereka kembali menggondol 2 gelar juara yakni harapan 1 dan harapan 2 pada perlombaan KIR tingkat  Provinsi Kaltim awal Februari 2013. “Kita bangga pada kerja keras siswa karena tahun 2013 ini kita sudah mengikuti dua kali kejuaraan dan juga berhasil mendapatkan juara,” ujarnya.
Dibentuk sejak tahun 2005, ekskul karya tulis ilmiah MAN Tenggarong dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan prestasi. Bahkan pernah mengikuti perlombaan tingkat nasional 2007 lalu.
Saat ini peminat eskskul ini sebanyak 20 siswa yang dibina langsung pihak sekolah. Kendala yang dihadapi adalah minimnya fasilitas penunjang untuk mengadakan penelitian dan ruangan laboratirium yang masih kurang memadai sehingga bakat siswa kurang maksimal tersalurkan.
Selain  itu, MAN Tenggarong  juga mempunyai ekskul lain seperti marcing band, paskhas, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), buletin, tari, teater, bulu tangkis, voli, dan sepak bola.(sar 113)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger
PT MEDIA BANGUN BERSAMA

View Desktop Version

Email
Print
WP Socializer Aakash Web