Dipublish: 27 Juni 2013, 23:32

KPUD Kaltim Jemput Fatwa KPU di Jakarta

SAMARINDA - Persoalan pergantian calon wakil gubernur Kaltim H Aji Sofyan Alex di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim masih menyisakan cerita panjang. Pasalnya, KPUD Kaltim telah meminta fatwa ke KPU Pusat terkait aspirasi disampaikan PDIP Kaltim pada Selasa (25/6) lalu menemui Ketua KPUD Kaltim Andi Sunandar yang meminta pergantian Aji Sofyan Alex oleh Siswadi dapat dilakukan sesuai ketentuan PKPU Nomor 9 Tahun 2012. Bahkan, fatwa yang dikirim sejak Selasa (25/6) itu telah mendapat jawaban KPU, namun proses pengiriman surat itu secara khusus mengutus Komisioner KPUD Kaltim, Baequni untuk menjemput surat jawaban KPU ke Jakarta.
“Kami masih menunggu fatwa KPU Pusat terkait usulan pergantian ini. Kemungkinan besok (hari ini) tiba di Kaltim dan segera disampaikan. Yang jelas, pada prinsipnya, kami masih berpegang pada keputusan rapat pleno yang menyatakan pasangan tersebut sah dan memenuhi syarat pendaftaran serta tak bisa diganti jika mereka memenuhi persyaratan berlaku. Hingga saat ini, proses verifikasi faktual berkas pasangan Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex sedang berlangsung,” jelas Andi kepada Koran Kaltim, kemarin.
Terkait kedatangan petinggi PDIP Kaltim ke KPUD beberapa hari lalu, Andi mengatakan bahwa kedatangan mereka untuk komunikasi dan konsultasi terkait proses usulan pergantian Aji Sofyan Alex dengan Siswadi. Kemudian, pihaknya juga telah menjelaskan bahwa pasangan Farid-Sofyan diterima dan prosesnya sedang berlangsung
“Sesuai PKPU 9 Tahun 2012, jika ingin mengubah, tentu harus sesuai mekanisme yang ada. Kita tetap sesuai prosedur. Kedua Parpol gabungan yang mengusung Farid-Sofyan harus sepakat. Sebab, saat pendaftran melalui gabungan parpol, yakni PPP dan PDIP,” terangnya. (fac413)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger