Dipublish: 14 April 2013, 21:24

Pembangunan Panti Asuhan Terpadu Perlu Dana Rp51 M

SAMARINDA – Pembangunan Panti Asuhan Terpadu yang diusulkan Pemkot Sama-rinda melalui Dinas Kesejahteraan Sosial (Din-kessos) memerlukan alokasi anggaran sebesar Rp51 miliar. Menurut Kepala Dinkessos Sama-rinda Hermanto, dari biaya pem-bangunan yang diperlukan tersebut, pada APBD Murni 2013 ini Pemerintah Provinsi (Pem-prov) telah mengucurkan bantuan dana sebesar Rp5 miliar.
“Rp5 miliar bantuan keuangan Pemprov yang diberikan tersebut, akan diperuntukkan pembangunan gedung UPTD-nya, yang menjadi bagian dari Panti Asuhan Terpadu. Adapun pembangunannya telah kami usulkan melalui proses lelang elektronik,” kata Hermanto kepada Koran Kaltim.
Dikemukakannya, bahwa pelak-sanaan pembangunan Panti Asuhan Terpadu berlokasi di Kecamatan Sungai Pinang menggunakan lahan Pemkot Samarinda kurang lebih seluas 1,5 hektare (ha) akan direalisasikan secara bertahap, mengacu dengan kemampuan anggaran yang diberikan.”Mau tidak mau penyelesaian pembangun-annya (Panti Asuhan Terpadu) dilakukan secara bertahap, sesuai dengan anggaran yang ada,” jelasnya.
Hermanto melanjutkan, selain berharap dari bantuan keuangan Pemprov Kaltim, pihaknya dalam waktu dekat akan menyampaikan usulan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada Pemerintah Pusat.”Perencanaan kami untuk mengusulkan anggaran percepatan pembangunan Panti Asuhan Terpadu kepada Pemerintah Pusat sudah disiapkan, dengan usulan mencapai Rp18 miliar,” tuturnya.
Panti Asuhan Terpadu  Samarinda, nantinya akan dimanfaatkan untuk mem-berikan pembinaan kepada anak jalanan (Anjal), gelandangan pengemis (Gepeng), Pekerja Seks Komersial (PSK) serta pengidap HIV/AIDS.”Yang jelas dengan adanya Panti Asuhan Terpadu, Pemkot akan lebih mudah melakukan penanganan terutama menyangkut perma-salahan sosial,” ucap Hermanto. (dme/adv)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger